Home

Selamat Datang di Media Resmi SMPN SATU ATAP LEMBANG CILILIN BANDUNG BARAT-Sekolah Literat-Kritis, Religius, Edukatif, Adaftif, Tangguh, Unggul, Kreatif

Selasa, 14 Februari 2023

Pengertian Profil Pelajar Pancasila

 



Definisi Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Kegunaan Profil Pelajar Pancasila

  • Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
  • Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia
  • Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan

Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Mandiri, Bergotong royong, Bernalar kritis, Kreatif.


Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia

Elemen






Akhlak beragama

Fase A

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

Mengenal sifat-sifat utama Tuhan Yang Maha Esa bahwa Dia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

Pemahaman Agama/Kepercayaan

Mengenal unsurunsur utama agama/ kepercayaan (ajaran, ritual keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME).

Pelaksanaan Ritual Ibadah

Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/ kepercayaannya.


Akhlak Pribadi

Fase A

Integritas

Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/ keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya.


Akhlak Kepada Manusia

Fase A

Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respons secara positif.

Berempati kepada orang lain

Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponsnya secara positif.  


Akhlak Kepada Alam

Fase A

Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi

Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya.


Akhlak Benegara

Fase A

Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia

Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME.



Berkebinekaan Global

Elemen




Mengenal dan Menghargai Budaya

Fase A

Mendalami budaya dan identitas budaya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ideide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya

Mengeksplorasi dan Membandingkan Pengetahuan Budaya, Kepercayaan, serta Praktiknya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya

Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.



Komunikasi dan Interaksi Antar Budaya

Fase A

Berkomunikasi antar budaya

Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya

Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.


Bergotong Royong

Elemen



Berbagi

Fase A

Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orangorang di lingkungan sekitar.



Mandiri

Elemen

Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Fase A

Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi

Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif

Mengembangkan refleksi diri

Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.


Regulasi Diri

Fase A

Regulasi emosi

Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkan-nya; serta mengekspresikan secara wajar

Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya

Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.

Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri

Berinisiatif untuk mengerjakan tugastugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa

Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri

Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugastugas dalam waktu yang telah disepakati.

Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif

Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas



Bernalar Kritis

Elemen

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Fase A

Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan


Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Fase A

Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Melakukan penalaran konkret dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan


Refleksi pemikiran dan proses berpikir

Fase A

Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci



Kreatif

Elemen

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Fase A

Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.


Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Fase A

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan


Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Fase A

Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan.




Untuk Panduan silakan 'Klik' di sini.

Panduan P5

0 comments:

Posting Komentar