Definisi Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.
Kegunaan Profil Pelajar Pancasila
- Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan
- Menjadi kompas bagi pendidik dan pelajar Indonesia
- Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan
Dimensi dan Elemen Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi dan beberapa elemen di dalamnya.Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Mandiri, Bergotong royong, Bernalar kritis, Kreatif.
Elemen
Akhlak beragama
Fase A
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
Mengenal sifat-sifat utama Tuhan Yang Maha Esa bahwa Dia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali kebaikan dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan
Pemahaman Agama/Kepercayaan
Mengenal unsurunsur utama agama/ kepercayaan (ajaran, ritual keagamaan, kitab suci, dan orang suci/ utusan Tuhan YME).
Pelaksanaan Ritual Ibadah
Terbiasa melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama/ kepercayaannya.
Akhlak Pribadi
Fase A
Integritas
Membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta
Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
Memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga kesehatan dan keselamatan/ keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya.
Akhlak Kepada Manusia
Fase A
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal, serta memberikan respons secara positif.
Berempati kepada orang lain
Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan meresponsnya secara positif.
Akhlak Kepada Alam
Fase A
Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi
Mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan
Menjaga Lingkungan Alam Sekitar
Membiasakan bersyukur atas lingkungan alam sekitar dan berlatih untuk menjaganya.
Akhlak Benegara
Fase A
Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia
Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME.
Elemen
Mengenal dan Menghargai Budaya
Fase A
Mendalami budaya dan identitas budaya
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ideide tentang dirinya dan beberapa kelompok di lingkungan sekitarnya
Mengeksplorasi dan Membandingkan Pengetahuan Budaya, Kepercayaan, serta Praktiknya
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya
Mendeskripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.
Komunikasi dan Interaksi Antar Budaya
Fase A
Berkomunikasi antar budaya
Mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif
Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.
Elemen
Berbagi
Fase A
Memberi dan menerima hal yang dianggap berharga dan penting kepada/dari orangorang di lingkungan sekitar.
Elemen
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Fase A
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi, dan ketertarikannya secara subjektif
Mengembangkan refleksi diri
Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.
Regulasi Diri
Fase A
Regulasi emosi
Mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkan-nya; serta mengekspresikan secara wajar
Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
Menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
Berinisiatif untuk mengerjakan tugastugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan dukungan orang dewasa
Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri
Melaksanakan kegiatan belajar di kelas dan menyelesaikan tugastugas dalam waktu yang telah disepakati.
Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif
Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas
Elemen
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Fase A
Mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Fase A
Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Melakukan penalaran konkret dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan
Refleksi pemikiran dan proses berpikir
Fase A
Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Menyampaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci
Elemen
Menghasilkan gagasan yang orisinal
Fase A
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.
Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Fase A
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/ atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan
Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Fase A
Mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan.
Untuk Panduan silakan 'Klik' di sini.
0 comments:
Posting Komentar